Download: Gebyar Auto-ID Vol 58 Solusi Managed Service Untuk Mengoptimalkan Support System Terhadap Infrastruktur Teknologi Informasi

Editorial
Pelanggan Yang terhormat,
Salam sejahtera dan Selamat Tahun Baru 2022.
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala berkat, karunia, dan lindunganNya, kita boleh berada pada tahun 2022 ini. Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh berkah, penuh kebaikan buat kita semuanya dan semoga semua apa yang telah direncanakan untuk tahun 2022 ini dapat tercapai sesuai dengan harapan
Bapak ibu yang kami hormati, topik buletin kita pada awal tahun 2022 ini adalah tentang Managed Service. Saat ini, divisi TI berada di bawah tekanan signifikan, selain memenuhi kinerja yang diharapkan perusahaan, mereka diminta untuk memenuhi ekspektasi operasional bisnis perusahaan, semua ini dilakukan pula dengan tambahan permintaan perusahaan untuk terus berusaha menekan biaya. Sebagian besar pakar keuangan akan menyarakan dalam kondisi ini untuk beralih ke model pembiayaan yang dapat diprediksi, seperti model managed service.
Tanda-tanda dimana perusahaan membutuhkan Managed Service, “Kami tidak mencapai target penjualan yang kami inginkan di tahun lalu karena kurangnya Layanan dan dukungan dari tim IT internal”, “Kami mengalami terlalu banyak downtime dari infrastruktur IT yang mengakibatkan operasi bisnis terhenti”.
Selain pembahasan di atas, rubrik-rubrik menarik seperti update kegiatan kami, tips dan info, update info produk terbaru, dan informasi lainnya yang tentunya berguna untuk anda semua.
Sebagai penutup, kami selalu membuka saran dan masukan dari para pelanggan untuk kemajuan kita bersama.

Chandra Tjahjadi
Professional Services GM ACS Group
PT. Autojaya Idetech
PT. Solusi Periferal

Topik
SOLUSI MANAGED SERVICE UNTUK MENGOPTIMALKAN SUPPORT SYSTEM TERHADAP INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI
by Chandra Tjahjadi, Professional Services General Manager ACS Group
Saat ini, infrastruktur teknologi informasi(TI) sudah menjadi bagian vital dari operasi suatu perusahaan. Produk dan layanan TI telah terbukti meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi perusahaan yang sedang berkembang.
Perusahaan membutuhkan staff IT internal yang tidak sedikit untuk mensupport pengembangan lingkup bisnis perusahaan (penambahan sales sites ataupun penambahan sales forces).
Evolusi teknologi yang serba cepat membuat semakin kompleksnya teknologi. Staf IT internal mungkin tidak selalu memiliki keahlian untuk menjadi yang terdepan. Peningkatan skill perlu dilakukan terhadap staf IT internal untuk menjaga prasarana IT perusahaan berjalan dengan lancar.
Di satu sisi perusahaan menyadari bahwa dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk biaya tim IT internal mereka untuk melakukan support dan pengoperasian terhadap perangkat IT. Di sisi lain perusahaan menyadari pula bahwa mereka tidak fokus pada IT Competency maupun teknologi, mereka hanya fokus pada bisnis mereka. Hal ini menyebabkan turn over staff IT internal menjadi tinggi.
Perusahaan mempertimbangkan pula dengan tingginya turn over staf IT internal terhadap keamanan akses terhadap infrastruktur IT mereka dari kemungkinan sabotase. Tuntutan operasional bisnis semakin meningkat sehingga semakin banyak perusahaan kewalahan mengelola prasarana IT.
Tekanan lain yang tidak kalah penting adalah anggaran IT perusahaan. Tuntutan persaingan membuat semakin banyak perusahaan yang ingin memprioritaskan pendanaan pada investasi proyek strategis yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif. Kebanyakan perusahaan juga ingin menghindari sedapat mungkin biaya tidak terduga, serta belanja modal (capital expense atau capex) yang terlalu besar.
IT merupakan salah satu bagian perusahaan yang membutuhkan dana besar, tidak hanya dari sumber daya manusia tetapi juga dari aspek belanja aset. Hal ini bisa mengundang perusahaan melakukan penghematan di bagian IT. Padahal pemotongan anggaran tanpa pertimbangan matang justru dapat menurunkan produktivitas karyawan dan pada gilirannya pertumbuhan bisnis itu sendiri.

APA ITU MANAGED SERVICE?
Managed Service menjadi solusi untuk berbagai jenis perusahaan yang ingin mengelola anggaran lebih baik, tanpa mengurangi kualitas layanan dari prasarana IT perusahaan.
Perusahaan mengalihkan pengelolaan dan pemeliharaan prasarana IT kepada penyedia layanan Managed Service.
Perusahaan bisa memilih untuk tetap membeli dan memiliki sendiri perangkat IT, atau menyerahkan sepenuhnya pengadaan perangkat yang dibutuhkan kepada penyedia layanan Managed Service.
Selain dapat menghemat biaya, layanan Managed Service juga dapat memudahkan perencanaan anggaran, pencegahan biaya yang tidak terduga karena downtime, serta mengalihkan belanja modal menjadi belanja operasional (Operational expense atau opex).
Penyedia layanan Managed Service umumnya menawarkan skema pembayaran yang memu-dahkan perusahaan untuk merencanakan anggaran IT perusahaan. Perusahaan dapat membayar penyedia layanan secara berkala, dengan kualitas jasa yang sudah digaransi lewat SLA (Service Level Agreement). Perusahaan tidak perlu kawatir akan biaya extra yang harus keluar sewaktu-waktu karena masalah mendadak.
Downtime, atau tidak tersedianya prasarana IT perusahaan, bisa menyebabkan biaya tidak terduga yang tidak sedikit. Dengan pemeliharaan yang proaktif, penyedia layanan Managed Service dapat meminimalkan downtime, dan dengan demikian mengurangi kerugian yang mungkin timbul.
Penyedia layanan Managed Service bekerja dengan menyediakan sistem, infrastruktur, hingga sumber daya manusia yang kompeten, berpengalaman, dan tersertifikasi untuk mengelola, mengawasi, melindungi, dan memecahkan masalah pada jaringan, aplikasi, dan proses yang mungkin terjadi pada sistem IT bisnis Anda.

CAPEX VS OPEX
Belanja anggaran IT perusahaan bisa dibagi 2, yaitu capex (belanja modal) dan opex (belanja operasional).
Belanja modal digunakan untuk membeli aset seperti server, router, mesin, dan berbagai perangkat lainnya yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan lancar.

Belanja operasional digunakan untuk membayar biaya operasional sehari-hari, seperti sewa domain, sewa gedung, belanja kertas dan cartridge/tinta printer, dan lain-lain.
Beberapa perusahaan lebih suka meminimalkan capex. Salah satu alasannya adalah karena capex umumnya relatif besar, dan tanpa perencanaan yang baik dapat mengganggu aliran dana (cash flow) perusahaan. Proses pengadaan untuk capex juga relatif lebih lama, dan bisa mengganggu bila perusahaan perlu peningkatan kapasitas prasarana IT dengan segera.
Memanfaatkan Managed Service dapat mengalihkan capex menjadi opex. Perusahaan tidak perlu lagi membeli aset,  tetapi cukup membayar biaya berkala untuk paket layanan yang sudah dipilih. Bila perusahaan ternyata perlu peningkatan kemampuan prasarana IT, ketersediaan bisa didapatkan dengan lebih cepat dengan membayar paket tambahan.

Gambar 1. Ilustrasi aset

Perlu diketahui bahwa perusahaan Anda memiliki banyak opsi. Perusahaan bisa saja memutuskan untuk memilih skema full outsource, dengan seluruh perangkat disediakan dan dikelola oleh penyedia Managed Service dengan sistem pembayaran berkala.

MANFAAT MANAGED SERVICES
1. Fokus Pada Inti Bisnis
Seiring pertumbuhan bisnis perusahaan, begitu juga kebutuhan IT perusahaan. Tim IT perusahaan mungkin dapat menangani sebagian dari peningkatan beban kerja ini, tetapi kemungkinan besar akan merasa kewalahan dan tidak dapat menyesuaikan skala sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan, sehingga memaksa perusahaan untuk menetapkan tanggung jawab tambahan kepada karyawan yang tidak berada dalam tim IT, yang dapat mengalihkan perhatian dari tujuan bisnis inti.
Salah satu manfaat dari Managed Service adalah tidak hanya membebaskan karyawan perusahaan untuk fokus pada pekerjaan yang mereka kerjakan — tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk mengisi kekosongan sesuai kebutuhan.
Penyedia Managed Service akan menawarkan model layanan fleksibel yang memungkinkan perusahaan menentukan tingkat layanan yang dibutuhkan perusahaan, hanya melakukan support saja atau mengalihdayakan seluruh departemen IT perusahaan Anda.
2. Keahlian Sesuai Kebutuhan
Teknologi baru berarti masalah baru — tim IT perusahaan yang ada mungkin tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman untuk memecahkan permasalahan yang ada pada teknologi baru tersebut.
Masalah ini dapat diselesaikan dengan merekrut anggota tim baru, tetapi biaya perekrutan dan pelatihan karyawan baru, bisa sangat tinggi.
Salah satu keuntungan utama dari model Managed Service adalah memungkinkan perusahaan untuk mempekerjakan tim profesional IT dengan tarif bulanan tetap.
3. Support Yang Tidak Dibatasi Waktu
Perusahaan tidak perlu khawatir tentang ketersediaan layanan support karena penyedia layanan Managed Service menawarkan fleksibilitas 24/7, dan pada hari libur nasional.
4. Meminimalkan Biaya Downtime
Manfaat lain dari Managed Service adalah penyedia layanan Managed Service tidak duduk saja dan hanya menunggu sesuatu masalah terjadi, tetapi penyedia layanan Managed Service mengambil pendekatan proaktif untuk melakukan pemeliharaan, monitoring untuk mengidentifikasi, mendiagnosis, dan memecahkan masalah potensial sebelum sempat menjadi masalah.
5. ­Point of contact yang dapat diandalkan
Pada saat perusahaan bermitra dengan penyedia layanan Managed Service, perusahaan tidak perlu kuatir adanya perputaran/rotasi dari tenaga ahli, penyedia layanan Managed Service akan menyiapkan jalur eskalasi maupun kontak pengganti yang siap turun tangan.

ACS MANAGED SERVICE
ACS Managed Service adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh ACS Group untuk mengelola sistem atau infrastruktur IT dari perusahaan mulai dari operasional perangkat AIDC, wired/wireless network system, access control system sampai kepada cyber security untuk pengamanan terhadap sistem/infra struktur IT perusahaan.
ACS Managed Service memiliki ruang lingkup layanan yang mengutamakan Customer Business diantaranya:
Proactive Monitoring adalah untuk mengumpulkan alert dari sistem pelanggan dan memberitahukan kepada pelanggan apabila terdapat warning alert pada sistem, lalu engineer dapat memberikan rekomendasi sebelum dilakukan problem handling.
Problem Handling adalah layanan dimana ketika problem yang berhubungan dengan sistem IT memerlukan penanganan masalah, pelanggan meminta perbaikan. Permintaan akan diproses dengan ticket sebelum dieksekusi. Hal ini memudahkan pelanggan untuk menerima informasi secara akurat.
Preventive Maintenance adalah pemeliharaan yang dilakukan oleh Engineer kepada perangkat hardware agar sistem tetap berjalan dengan baik dan meminimalkan terjadinya kerusakan perangkat ketika sistem sedang berjalan.
Patch Management adalah layanan dimana engineer akan selalu memonitor patch dan update version dari sistem software maupun dari supporting software dan akan mengirimkan rekomendasi pre-patch report kepada pelanggan dan akan melakukan eksekusi patch sesuai approval dari pelanggan.
Service Center merupakan layanan repair yang dikhususkan untuk beberapa jenis perangkat AIDC. Masalah akibat adanya kerusakan spare-parts pada perangkat AIDC akan dilakukan penggantian spare-part agar perangkat dapat kembali berfungsi normal.
Backup unit merupakan layanan untuk menjaga agar operational downtime terukur dan tidak melewati maximum downtime yang diinginkan pelanggan. Perangkat IT yang rusak akan digantikan dengan perangkat backup yang mempunyai fungsi yang sama.
Pickup and Delivery merupakan layanan untuk mengambil perangkat IT yang rusak pada lokasi pelanggan maupun untuk menyerahkan perangkat pengganti (backup).
Report and Recommendation adalah Laporan yang berisi perfomansi dari perangkat/infrastruktur IT, rekomendasi apabila dibutuhkan yang bisa dilakukan dalam periode bulan/kuartal, perpindahan perangkat IT dari suatu lokasi/site ke lokasi/site lainnya ter-masuk pula posisi inventori dari perangkat IT termasuk backup unit nya.
Selain itu laporan mengenai pencapaian SLA yang telah disepakati bersama dengan pelanggan.

Infrastruktur support dari
ACS Managed Service

Tim IT support yang telah memiliki pengalaman profesional dan terlibat langsung dalam proses implementasi proyek IT serta memiliki sertifikasi professional yang dikeluarkan oleh Principals.
Tim IT Support mempunyai beragam spesialisasi teknologi IT dan tingkat kualifikasi skill (tier-1, tier-2, tier-3 dan consultant).
Service Center (Principal) merupakan layanan perbaikan perangkat IT yang tidak dapat diperbaiki oleh Service Center kami. Layanan perbaikan dilakukan langsung oleh principal dari perangkat IT.
Call Center sebagai single point of contact dari perusahaan dengan menggunakan Hot Line Number. Perusahaan dapat menentukan kebutuhan waktu operasi dari Call Center, 8×5 maupun sampai 24×7 termasuk hari libur nasional.

ACS Managed Service memiliki Escallation Management System (System Operating Procedure yang menjamin permasalahan dipahami, dapat diselesaikan dan ditangani oleh tenaga ahli yang tepat).
Call Center dilengkapi pula dengan aplikasi AMANS [ACS Managed Service] dibangun dan dikembangan oleh ACS Group.
Service Center tersebar di lokasi strategis di Indonesia (Jakarta, Cikarang, Semarang, Surabaya dan Bali).
Service Hubs tersebar di Indonesia. Jika dibutuhkan ACS Managed Service menawarkan layanan Service Hubs di lokasi-lokasi yang berdekatan dengan lokasi-lokasi operasi dari pelanggan untuk bisa menjamin penanganan masalah yang cepat.

Informasi lainnya seputar ACS Managed Service:
Perangkat IT yang dapat ditangani,
Perangkat AIDC dari principal Zebra, Point Mobile, SEUIC.
Perangkat wireless network system dari Aruba
Perangkat network security system dari Fortinet
Perangkat access control system dari Bosch
Opsi pengadaan perangkat IT melalui ACS Group dengan cicilan maupun sewa.
Perangkat accessories, consumables parts maupun spare parts dari perangkat IT dapat mempengaruhi pula jalannya operasi bisnis. ACS Managed Service menyediakan pula cadangan perangkat accessories, consumables parts maupun spare parts yang dapat digunakan jika dibutuhkan.

Layanan Managed Service tidak dapat dilepaskan dari SLA (Service Level Agreement). Perusahaan perlu menginventarisasikan faktor-faktor yang bisa menghambat kelancaran proses bisnis perusahaan yang diakibatkan oleh tidak jalannya dengan baik infrastruktur IT dan kemudian menyusun beragam SLA sesuai faktor-faktor tersebut.
ACS Managed Service menawarkan standard SLA (response time dan resolution time) maupun SLA lainnya yang perlu dibicarakan sebelumnya dengan perusahaan.

Topik
ACS GROUP SEBAGAI ZEBRA PRINTER REPAIR SPECIALIST.
Pada bulan Agustus 2016, Zebra mengganti nama layanan Layanan Zebra Authorized Service.
Provider (ZASP) dan sebagai gantinya menjadi Printer Repair Specialization (PRS) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjalankan konsistensi komitmen dalam memberikan kualitas dan layanan purna jual untuk printer Zebra.
ACS GROUP telah menjadi salah satu Partner Connect – Zebra Printer Repair Specialist sejak tahun 2008. Para Engineer kami telah terlatih dan tersertifikasi oleh standarisasi repair yang ditetapkan oleh Zebra berupa Zebra Certified Printer Repair Professional dalam mereparasi printer-printer mulai dari jenis Printer Mobile, Desktop dan Industrial yang tentunya akan sangat membantu dalam kelangsungan operasional suatu perusahaan dalam waktu yang panjang dan aman.
Untuk menjadi Printer Repair Specialist sebagai mitra Zebra kami memiliki pusat perbaikan/ Service Center Depot yang tersebar di Kantor Pusat ACS Jakarta dan pada cabang-cabang kami di Indonesia, seperti Cikarang, Semarang, Surabaya dan Denpasar tentunya, Service Center depot adalah lokasi yang terpusat/in-house yang melayani jasa perbaikan purna jual untuk printer Zebra.
Untuk perbaikan Printer, teknisi ACS kami yang sudah terlatih dan berpengalaman akan mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan pada printer milik customer melalui penggantian suku cadang atau Printhead termasuk juga update software terbaru, kalibrasi ulang bahkan melakukan reset.
Sebagai Printer Repair Specialist Zebra, selama unit tersebut masih tercover dalam masa garansi, maka layanan purna jual & spare parts yang tersedia akan kami prioritaskan untuk menambah kecepatan waktu pengerjaannya.
Keuntungan yang diperoleh customer jika berkolaborasi dengan partner yang memiliki status Printer Repair Specialist (PRS) antara lain:
Partner tersebut memiliki akses dan prioritas pada program PartnerConnect
Partner tersebut memiliki kapabilitas secara professional dalam menangani printer Zebra khususnya purna jual.
Partner tersebut dapat memberikan solusi layanan service per kejadian di lokasi depo atau kunjungan (home service).
Partner tersebut dapat memberikan solusi layanan lebih seperti preventive maintenance, service contracts, ambil antar, breakfix atau lainnya.
Partner tersebut melakukan Zebra OneCare service.
Partner yang memiliki Printer Repair Specialists mendapat prioritas menyediakan Spare Parts Kits atau spare part orisinil dari Zebra.

Ada 4 poin tambahan kelebihan Printer Repair Specialists.
Service = Authorized, High Standard & Professional
Strong Partnerships = Zebra will support Printer Repair Specialists with training and materials to provide end-users with qualified repair & support service
Quality = High-quality service solution for customers
Satisfaction = Customer satisfaction with Zebra products and services.

Pengumuman Pemenang Kuis
Selamat kepada pemenang
KUIS AITEE 57

1. Achmad Mustofa – PT Suzuki Indomobil Motor
2. Hakko Bio Richard – PT Y-Tec Autoparts Indonesia
3. Jedi Agus – PT Domusindo Perdana
4. Muhamad Reno Bimantara – Lion Super Indo
5. Rika Nurchayati – PT Andalan Mandiri Busana

Masing-masing akan mendapatkan voucher belanja Rp 200.000. Pemenang akan kami hubungi melalui nomor telpon yang sudah didaftarkan. Jika 7×24 jam tidak ada respon. Maka hadiah akan hangus.

Kolom Ketawa
Badrun dan Orang Tua
Sepulang Badrun dari makan siang hari, dia melihat seorang lelaki tua duduk di taman bangku sambil terisak-isak.
Badrun merasa kasihan juga melihat orang tua tersebut lalu dia berhenti dan bertanya kepadanya
Badrun: “Ada apa Pak,mengapa bapak menangis? Bapak belum makan? Kalo belum aku belikan makanan ya”.
Orang Tua: Sambil menggeleng… “Ngga de… terima kasih” terisak-isak kembali
Badrun: “Trus kenapa bapak menangis?”
Orang Tua: “Saya tuh punya istri usia 22 tahun di rumah. Setiap pagi dia selalu menyediakan saya sarapan pagi kue kelepon dan kopi… huuu huu”
Badrun terus melanjutkan pertanyaan dengan niat untuk membantu
Badrun: ‘Nah, lalu mengapa bapak menangis?’
Orang Tua: “Dia selalu membuatkan saya sop buntut dan ayam penyet kesukaan saya, dia juga rajin membersihkan rumah dan selalu menemani saya nonton TV”.
Badrun semakin penasaran.
Badrun: “Nah, mengapa bapak masih juga menangis?’
Orang Tua: “Dia selalu pijitin punggung saya setiap malam sebelum tidur dan kami selalu bergandengan tangan kemanapun kami pergi”
Badrun mulai kesal namun masih juga bertanya
Badrun: ‘Terusss….Kalau begitu, mengapa bapak masih juga menangissss?’
Orang Tua: “Maaf ya de, Saya tuhh lupa di mana saya tinggal”
Badrun:”Hemmmmm…angel, angel… jadi laper lagi gua *&%$#@@#….”

Event
Joint Event PROFIT BALI
Ride The Pandemic
Prime Plaza Hotel Sanur Bali | 19 Februari 2022
Pada hari Sabtu , 19 Februari 2022 Asosiasi Profesional IT Bali kembali menyelenggarakan Anniversary 12th secara offline bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur Bali dengan thema “Ride The Pendemic”. Acara yang dihadiri hampir 200 orang peserta ini, terdiri dari para Praktisi IT Bali dan juga dari Jawa serta Lombok, dan dibuka oleh Ketua Asosiasi Profesional IT Bali Arya Sumerastha. Beliau menyampaikan rasa bahagianya karena dapat berkumpul serta bertatap muka kembali dengan semua anggota, dan disampaikan pula bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan Prokes yang ketat salah satunya yaitu peserta yang mengikuti acara ini diwajibkan untuk melakukan PCR terlebih dahulu.
Ada 10 vendor yang turut berpartisipasi di event ini, dimana ACSGroup bersama HP-ARUBA serta PT. Sistech Kharisma menjadi sponsor utama. Dan dalam sambutannya Robert Suryakusuma, Country Manager Aruba Indonesia menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Aruba, dimana teknologi Wifi 6 dari Aruba yang diperkenalkan pertama kali di tahun 2019 telah berhasil mendapatkan penjualan terbesar di Indonesia pada tahun 2021. Sekaligus beliau juga memperkenalkan Aruba WIFI 6E yang telah launching di akhir tahun 2021.
Disamping itu A.A.Ngurah Mahendra, sebagai branch manager ACS Group pada kesempatan ini menyampaikan bahwa di dalam kondisi pendemi seperti ini adanya peningkatan yang signifikan atas penggunaan “Ruang Digital” serta adanya perubahan dari ekonomi fisik menjadi ekonomi digital,hal ini pastinya membutuhkan “Infrastruktur Digital” yang aman, cepat, stabil dan konsisten.
Aruba adalah solusi yang tepat dimana semua yang dibutuhkan sudah ada di dalam satu platform Aruba, dengan teknologi Wifi 6E user akan mendapatkan throughput yang lebih besar di dalam kondisi high density karena support 3 radio band termasuk yang terbaru frekwensi 6GHz Band.
Disampaikan juga oleh A.A.Ngurah Mahendra bahwa ACS Group selalu berusaha memberikan solusi serta support yang terbaik untuk perkembangan IT di Bali pada umumnya serta hospitality pada khususnya.

 

Product Highlight
Alibaba Cloud
Content Delivery Network (CDN)
Industri : Semua industri.
Derasnya permintaan pengguna di situs web meningkatkan konsumsi bandwidth downlink, membebani server, dan menghasilkan waktu respons yang lambat. Content Delivery Network disingkat CDN, adalah sekelompok server yang tersebar secara geografis, dan bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten internet yang dapat di-cache secara cepat. Dengan bantuan Content Delivery Network akan mempercepat pengiriman konten-konten untuk situs web di berbagai wilayah atau skenario, seperti gambar, video/audio, proses file download, website social network akan di-mirror ke server yang tersebar secara geografis sehingga mengurangi beban kerja dari origin server.
Dengan menggunakan Alibaba Cloud – content delivery network (CDN) dapat men-deliver content ke para pengguna dari node atau titik terdekat pengguna, sehingga akan mengakselerasi response terhadap user requests dan meningkatkan response rate. Alibaba Cloud CDN juga menyelesaikan masalah latensi pengiriman yang biasanya disebabkan oleh masalah distribusi, bandwidth, dan kinerja server. CDN telah diterapkan dalam beberapa skenario, termasuk akselerasi situs, streaming sesuai permintaan, dan live streaming.
Alibaba Cloud CDN telah menyediakan lebih dari 2.800+ node di seluruh dunia dan sistem penjadwalan yang cerdas yang memungkinkan pengguna untuk mengakses segudang cache sumber daya statis pada node-node terdekat.
Keunggulan dari Alibaba Cloud – Content Delivery Network (CDN):
STABILITAS
Tersedia lebih dari 2.800 node yang mencakup enam benua dan bandwidth 120 Tbps, dan mendukung ISP besar di seluruh dunia (Node CDN di Indonesia saat ini terdapat di: Jakarta, Batam, Surabaya, Makasar, Bali)
KECEPATAN TINGGI
Mendukung waktu respons kurang dari beberapa milidetik, pemilihan koneksi cerdas, dan kekuatan jaringan dengan NIC 10-GE dan penyimpanan SSD untuk memastikan kelancaran pengiriman konten.
SKALABILITAS
Mendukung banyak fitur asli, termasuk pengaturan skala layanan horizontal, konsol yang dapat disesuaikan, beberapa API, dan pengaturan arsitektur sederhana.
HEMAT BIAYA
Mendukung metode berbayar sesuai pemakaian atau Pay-As-You-Go dan metode penagihan lainnya untuk memperoleh pengiriman konten yang efektif dan berkualitas tinggi.

Alibaba Cloud
Security Center
Industri: Semua industri.
Alibaba Cloud Security Center adalah sistem manajemen keamanan terpusat yang secara dinamis mengidentifikasi dan menganalisis ancaman keamanan, dan menghasilkan peringatan ketika ancaman terdeteksi. Alibaba Cloud Security Center menyediakan beberapa fitur untuk memastikan keamanan sumber daya cloud dan server di pusat data. Fitur-fiturnya termasuk anti-ransomware, antivirus, web tamper proofing, container image scan, dan compliance check.
Didukung oleh teknologi big data, Alibaba Cloud Security Center memberikan perlindungan dari ransomware, berbagai virus, dan gangguan web. Alibaba Cloud Security Center juga menyediakan penilaian kepatuhan untuk melindungi cloud dan server on-premises serta memenuhi persyaratan kepatuhan terhadap peraturan (regulatory compliance requirements).
Alibaba Cloud Security Center sepenuhnya kompatibel dengan penyedia layanan pihak ketiga. Hal ini tentunya mengurangi biaya operasi dan pemeliharaan (O&M) untuk manajemen keamanan. Alibaba Cloud Security Center secara otomatis mengumpulkan berbagai data log dari layanan di cloud, dan menerapkan kontrol atas ancaman keamanan yang ditemukan.
Merupakan Server Guard Management untuk berbagai platform dalam satu konsol:
Multi-OS: Alibaba Cloud Security Center kompatibel dengan beberapa sistem operasi (OS), seperti Windows, Linux, Ubuntu, dan Debian.
Lintas platform: Alibaba Cloud Security Center dapat diterapkan pada Alibaba Cloud, Alibaba Finance Cloud, atau pun di server pihak ketiga.
Kontrol yang terpusat: Visibilitas informasi dan melakukan operasi dalam konsol web yang terpadu pada lingkungan cloud atau region dimana Alibaba Cloud Security Center diterapkan.
Anti-virus, Anti-ransomware dan Anti-tamper
Alibaba Cloud Security Center mendukung deteksi proaktif dan penghentian ransomware mainstream, mining programs, backdoor programs, worm, malicious programs, trojan DDoS, dan Trojan programs.
Anti-tamper nya mampu melindungi website dari maliciously implanted yang terkait dengan terorisme, politik, dark chain, trojan, dan backdoor guna memastikan operasi berjalan normal pada informasi yang terdapat di halaman web.
Automated Security Operations dengan Automated Attack Traceability dan Custom Alerts
Alibaba Cloud Security Center secara otomatis melacak sumber dan penyebab serangan. Hal ini sangat membantu dalam memahami seluk beluk ancaman penyusupan dan membuat tanggapan yang cepat.
Mendukung migrasi data pihak ketiga ke cloud dengan cara yang aman, dan memungkinkan untuk melakukan analisis, asosiasi, dan agregasi real-time pada sejumlah besar log.

Zebra Technologies
TC21/TC26 Handheld Touch Computer
Industri: Retail, Manufacturing, Warehouse Management, Hospitality, Transportation, & Field Mobility.
TC21/TC 26 adalah komputer genggam Android dengan layar sentuh kelas bisnis yang rugged dan dinahkodai oleh CPU Qualcomm SnapdragonTM660 octa-core 1.8Ghz dapat membantu para pekerja yang ada di dalam ruangan, gudang maupun di lapangan dalam menangkap dan mengakses data yang dibutuhkan untuk bertindak lebih cepat dan lebih efisien.
Produk ini memiliki resistensi IP67, yang mampu tahan terhadap benturan ke atas permukaan beton, tahan juga terhadap air, debu, salju, hujan, panas, dingin yang membekukan — TC21/TC26 dapat menangani semuanya itu. Plus, tampilan dan jendela luar pemindai yang diperkaya dengan Gorilla Glass.
Dilengkapi pula dengan layar sentuh canggih 5 inch sehingga mudah untuk berinteraksi dengan aplikasi dan saat berada di luar dapat terbaca sekalipun di bawah sinar matahari yang cerah. Dan dalam hal koneksi semua koneksi wireless yang dibutuhkan tersedia pada perangkat ini baik WiFi, seluler, Bluetooth, GPS, dan NFC.
Faktor pendukung lainnya yaitu memiliki kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP yang autofokus terintegrasi dan didukung oleh SE4100 mampu mengcapture barcode 1D/2D secara cepat. Disamping itu memiliki fungsionalitas VoLTE yang mampu memberikan kualitas suara yang superior melalui jaringan seluler, sementara teknologi VoWiFi Zebra yang canggih, disertakan dengan Mobility DNA Enterprise License, memberikan kualitas suara yang superior di semua aplikasi suara WiFi Anda — misalnya, Push-to-Talk Express¹ untuk komunikasi gaya walkie-talkie dasar.

Point Mobile
PM75 Mobile Computer
Industri: Retail, Warehouse Management, Hospitality, Transportation & Logistics, & Field Service.
Perangkat Mobile Computer untuk enterprise yang dibuat untuk efisiensi, mempercepat kegiatan operasional, dan merupakan produk kokoh/rugged, ringan dan ergonomis. Perangkat Android ini dilengkapi dengan mesin pindai barcode 1D/2D yang kuat, sudut genggaman yang nyaman dan baterai yang tahan lama. Dirancang untuk melakukan operasional di tempat yang sulit serta perawatan yang mudah.
Produk ini dilengkapi dengan screen 5,45 inci HD+ (720 x 1440 piksel) yang cerah yang dapat membantu pengguna melihat dan mengontrol interface PM75 tanpa kesulitan bahkan di bawah pencahayaan sinar matahari. Perangkat yang rugged tahan terhadap benturan ke permukaan beton dari ketinggian 1,5 m (5 kaki) dan memiliki rating yang mumpuni IP65 tahan terhadap cipratan air dan kedap terhadap debu.
Peringkat ketahanan, selain perlindungan dari goresan dengan mengadopsi Gorilla Glass: siap beroperasi di salah satu lingkungan kerja yang paling keras.
Karekteristik dari produk ini:
1. Main- processor: Qualcomm® Octa-core @1.8GHz
2. Operating System: Android 11 (upgradable)
3. RAM 3GB / 4GB (optional)
4. ROM (NAND Flash) 32GB / 64GB (optional)
5. Micro-SD Supports up to 512GB using ExFAT file system
6. SIM 1 Nano SIM card slot
7. EDGE/GPRS 900/1800/850/1900
8. Integrated Bluetooth Class I, Ver. 5.1 BLE support. Dan lain-lain.

HPE Aruba
Aruba CX 6100 Switch Series
Industri: Semua industri.
Perangkat switch Aruba CX 6100 series merupakan perangkat entry-level access switches yang ideal untuk kantor cabang, mid-market enterprises.
Perangkat switch Layer 2 yang siap digunakan untuk penerapan yang mudah dan tersedia banyak PoE port untuk perangkat IoT, uplink 10 GbE port yang cepat, dan fitur keamanan yang tangguh seperti ACL, robust Q0S, IPv6 dan static routing untuk membantu melindungi jaringan.
Perangkat switch Aruba CX 6100 series tersedia dalam model:
1. Aruba 6100 48G Class4 PoE 4SFP+ 370W Switch (JL675A): 48x ports 10/100/1000Base-T ports, 4x 1/10G SFP ports, Internal (fixed) power supply, fixed fans dan mendukung hingga 370W of Class 4 PoE.
2. Aruba 6100 48G 4SFP+ Switch (JL676A): 48x ports 10/100/1000Base-T ports, 4x 1/10G SFP ports, Internal (fixed) power supply, fixed fans.
3. Aruba 6100 24G Class4 PoE 4SFP+ 370W Switch (JL677A): 24x ports 10/100/1000Base-T ports, 4x 1/10G SFP ports, Internal (fixed) power supply, fixed fans dan mendukung hingga 370W of Class 4 PoE.
4. Aruba 6100 24G 4SFP+ Switch (JL678A): 24x ports 10/100/1000Base-T ports, 4x 1/10G SFP ports, Internal (fixed) power supply, fixed fans.
5. Aruba 6100 12G Class4 PoE 2G/2SFP+ 139W Switch (JL679A): 12x ports 10/100/1000Base-T ports, 2x 1/10G SFP ports, 2x 1G ports, Internal (fixed) power supply, fanless dan mendukung hingga 139W of Class 4 PoE.
Perangkat switch Aruba CX 6100 series sudah dapat diprogram-sepenuhnya dengan beberapa pilihan manajemen, seperti cloud-based dan on-prem Central*, CLI, switch Web GUI, serta kemampuan diprogram dengan AOS-CX operating system dan REST APIs.
Kinerja perangkat switch Aruba CX 6100 series untuk kapasitas system switching-nya hingga 176 Gbps dan kapasitas system throughput-nya hingga 98.6 Mpps.

HPE Aruba
Aruba CX 4100i Switch Series
Industri: Semua industri.
Perangkat Aruba CX 4100i switch series adalah perangkat ruggedized Ethernet access switch series yang siap memperluas jaringan perusahaan ke lingkungan yang menantang dan keras, ideal untuk menghubungkan perangkat-perangkat IoT, access points, dan perangkat pengguna di lingkungan yang keras.
Perangkat Aruba CX 4100i switch series tersedia dengan Model DIN Rail dan 24 port 1U Ethernet yang sepenuhnya dapat dikelola dan serbaguna serta siap dengan enclosure standar NEMA, untuk keperluan fasilitas di luar ruangan dan area gudang, serta mampu ditempatkan pada lingkungan dengan rentang suhu mulai dari -40 °C hingga 70 °C.
Merupakan perangkat Layer 2 switch yang berkinerja tinggi mendukung keperluan ACL, robust QoS, static routing, dan IPv6. Guna memberi daya yang tinggi, mendukung kombinasi Class 6 PoE (60W) dan Class 4 PoE (30W) yang memberikan fleksibilitas dalam menyalurkan daya pada berbagai perangkat IoT, access point, dan perangkat pengguna.
Dengan perlindung yang kuat untuk aplikasi sub-station dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap getaran konstan, guncangan, dan kekebalan elektronik untuk aplikasi railway. Manajemen perangkat ini sudah dapat deprogram sepenuhnya dengan beberapa pilihan manajemen, seperti CLI, switch Web GUI, Aruba NetEdit serta kemampuan diprogram dengan AOS-CX operating system dan REST APIs.
Aruba CX 4100i 12-port 1GbE (8-port Class 4 POE and 4-port Class 6 POE) 2-port SFP+ DIN Mount Switch
– 4x ports 100M/1G BaseT Class 6 PoE ports mendukung hingga 60W per port
– 8x ports 100M/1G BaseT Class 4 PoE ports mendukung hingga 30W per port
– 2x 1/10G SFP ports
– Field replaceable Industrial DIN Rail Power Supplies (JL819A, JL820A, and JL821A)
– Fanless, Up to 360W of PoE power, based on PSU and environmental temperature
– Dimensi: (H) 160 mm x (W) 113 mm x (D) 162.9 mm (173.5 mm w/DIN Rail Bracket)(6.3” x 4.4” x 6.4” (6.8” w/DIN Rail Bracket))
– Berat: 3.84 kg (8.46 lbs)

Aruba CX 4100i 24-port 1GbE (20-port Class 4 POE and 4-port Class 6 POE) 4-port SFP+ Switch
– 4x ports 100M/1G BaseT Class 6 PoE ports mendukung hingga 60W per port
– 20x ports 100M/1G BaseT Class 4 PoE ports mendukung hingga 30W per port
– 4x 1/10G SFP ports
– Internal (fixed) power supply (300W)
– Fanless, 240W of PoE power (no de-rating)
– Dimensi: (H) 44 mm x (W) 444.5 mm x (D) 304 mm (1.73” x 17.5” x 12.0”)
– Berat: 6.50 kg (14.33 lbs)

Corporate Info
#ACSAirlines2022
Together at the top
KICK OFF ACS Group
24 Januari 2022
Sudah hampir 2 tahun belakangan ini bangsa Indonesia terus menghadapi pandemi yang cukup berat yang menggoncang perekonomian bangsa Indonesia dan berdampak seluruh kegiatan bisnis, namun semua gelombang itu dapat ACS Group lewati dengan tekad dan kebersamaan yang kuat dan tentunya atas Anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
Pada tanggal 27 Januari lalu kami mengadakan acara #ACS Air Lines yang bertemakan “Together at the Top” secara on line by ZOOM, kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf termasuk cabang ACS baik Cikarang, Semarang, Surabaya dan Denpasar.
Di tahun 2022, prediksi Covid19 akan berubah dari pandemi ke endemi. Pergerakan bisnis tentu akan naik kembali, setiap industri akan mulai bangkit kembali. Sebagai tim, ACS Group siap untuk terbang lebih tinggi lagi, siap untuk lepas landas bersama, menghadapi semua angin yang datang menerpa kita, dan kami percaya kami akan mendarat di landasan dengan sempurna.
Acara Kick off ACS Group ini dibuka oleh Indra Tjahjadi selaku Managing Director, dilanjutkan dengan “Success Spirit” yang disampaikan oleh Arijanto Hartanto – Sales & Marketing Director.
Pada acara ini beberapa staf ACS Group mendapatkan apresiasi sebagai TOP PERFORMER 2021 dan terpilih 5 orang staff antara lain:
1. Alfira Nurliliani Samad – Logistic Staff ACS Group Jakarta
2. Boedijanto – Branch Manager ACS Group Surabaya
3. Heryana – Information System Spv ACS Group Jakarta
4. Purwanto – Security ACS Group Jakarta
5. Yuli Biena Octavius Ong – Enterprise Business Solution Spv ACS Group Jakarta
Disamping apresiasi sebagai TOP PERFORMER 2021, ACS Group memberikan apresiasi beberapa staff Departemen:
– Departemen Logistik: Roy Antolyne Maycieanne, Agnes Agustina Wijaya, Siti Juria, & Listya Kartikasari Tarigan
– Departemen Finance & Accounting: Irmayanti Saragi, Qisha Azzahra, Hamdi Fathullah, & Zulfajri.
– Departemen Warehouse: Bobby Stefanus, Dwi Yulianto, Hilman Baidilah, & Tedy.
– Departemen Professional Services: Obet Randa Layuk Sanda, Bimo Jati Utomo, Gigih Setiawan, Wahyu Dwi Candra, & Vrensly Albert Lilipory.
– Departemen Sales: Harry Sugiarto & Iwan.
– Departemen Marketing: Clara Tania Tjahjadi & Ahmad Musthakin
ACS Group juga memberikan Penghargaan Kesetiaan sebagai karyawan ACS Group berupa sertifikat dan pin emas kepada:
Masa jabatan 15 tahun:
– Adrian Dewantoro – Branch Manager ACS Group Semarang
– Dimas Pramudya Swastika – Technology Services Engineer ACS Group Surabaya
Masa jabatan 20 tahun:
– Ari Prasetya – Enterprise IT Solutions – Engineer ACS Group Jakarta
– Agus Cahyono – Senior System Analyst ACS Group Jakarta
Masa jabatan 25 tahun:
– Suprianto Kusman – Branch Manager ACS Group Cikarang
– Edward Nawar – Technology Services Supervisor ACS Group Cikarang
– Sugeng Kiswondo, Enterprise IT Solutions – Engineer ACS Group Jakarta

 

Tips & Info
Tips dan Info mengenai Wi-Fi 6E
Inovasi terbaru dari teknologi Wi-Fi, yakni Wi-Fi 6E merupakan perluasan kapasitas Wi-Fi terbesar dalam dua dekade terakhir. Pembukaan pita frekuensi 6 GHz akan meningkatkan pita spektrum RF (frekuensi radio) yang tersedia untuk Wi-Fi menjadi lebih dari dua kali lipat. Hal ini akan mencegah kepadatan airwaves (gelombang udara), membuat kanal gelombang lebih luas, dan kecepatan konektivitas yang lebih tinggi, serta memungkinkan terciptanya berbagai inovasi di berbagai industri.
Wi-Fi 6E beroperasi di pita frekuensi 6 GHz mulai rentang dari 5,925 GHz hingga 7,125 GHz.
Wi-Fi Alliance telah mengalokasikan spektrum 1200 MHz dari 5,925 GHz hingga 7,125 GHz untuk aplikasi Wi-Fi.
Teknologi Wi-Fi sebelumnya, termasuk Wi-Fi 6 menggunakan pita frekuensi 2,4 GHz (2400 MHz hingga 2495 MHz) dan pita frekuensi 5 GHz (5170 MHz hingga 5835 MHz). Dengan pita frekuensi baru ini, Wi-Fi 6E dapat beroperasi menggunakan 14 channel tambahan dengan lebar pita 80 MHz dan 7 channel tambahan dengan lebar pita 160 MHz.
Perusahaan Hewlett Packard Enterprise (HPE) – Aruba, merupakan vendor pertama yang meluncurkan solusi Wi-Fi 6E kelas-enterprise (enterprise-grade) di pasar, yakni campus access point (AP) 630 series, mulai dengan perangkat AP-635 dan berikut fitur-fitur utama access point Aruba 630 series:
Beroperasi dengan tri-band yang komprehensif 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz dengan data rate agregat maksimum 3,9 Gbps serta ultra-tri-band filtering untuk meminimalisir interferensi.
Lebar pita 160 MHz di 6 GHz tersedia hingga tujuh channel guna mendukung aplikasi yang low-latency dan butuh bandwidth besar seperti video high-definition dan AR/VR dengan lebih baik.
Mendukung operasi dengan PoE power berstandar IEEE 802.3at, sehingga tidak perlu mengganti power supply yang ada.
Keamanan dengan WPA3 dan Enhanced Open untuk melindungi password dan data dengan lebih baik.
Failover yang fleksibel dengan dua port HPE Smart Rate Ethernet untuk 1 Gbps – 2,5 Gbps.
Tersedia dalam mode operasi cloud, dengan controller atau tanpa controller, untuk menangani implementasi di lingkungan kampus, kantor cabang, dan di lokasi remote.

Iklan Zebra Technologies
Whenever Businesses Find Their Edge, Zebra Is There.
ENHANCE PERFORMANCE WITH ENTERPRISE SCANNERS, MOBILE COMPUTERS, TABLETS, AND PRINTERS
More is expected of you every day, and as a result, you expect more from your technology — more efficiency, more accuracy, more durability. That is why Zebra engineers scanners, mobile computers, tablets, and printers with one purpose — to help you perform even better.
Using decades of innovation, we design every product with you in mind. Your day-to-day tasks. Your work conditions. Your pressures. Discover your performance edge with scanners, mobile computers, tablets, and printers with features and form factors made for you.